Pengertian Anchor text
Anchor Text
Apa itu anchor text?
Anchor Text adalah teks yang terlihat dan dapat diklik dalam hyperlink. Di browser modern, sering berwarna biru dan bergaris bawah, seperti tautan ini ke beranda Pena Wisnu Contoh kode :
<a href="http://www.example.com"> Contoh Anchor TextFormat yang optimal
Text anchor yang ramah SEO adalah ringkas dan relevan dengan halaman target (yaitu, halaman yang ditautkan dengannya).
Anchor Text Ditentukan
Anchor text adalah karakter dan kata-kata yang terlihat yang ditampilkan hyperlink ketika menautkan ke dokumen atau lokasi lain di web. Biasanya muncul sebagai teks bergaris bawah biru, tetapi Anda mengubah warna dan gaya tautan situs web Anda melalui HTML atau CSS Anda. Anchor text dapat menyediakan mesin pencari dan pengguna informasi kontekstual yang relevan tentang konten tujuan tautan.
Dalam contoh di atas dari kode tautan 'Pena wisnu' adalah text anchor untuk tautan tersebut. Mesin pencari menggunakan Anchor text eksternal (teks halaman lain gunakan untuk menautkan ke situs Anda) sebagai refleksi bagaimana orang lain melihat halaman Anda dan dengan ekstensi, apa halaman Anda mungkin tentang. Sementara pemilik situs web biasanya tidak dapat mengontrol bagaimana situs lain menautkan ke situs mereka, “Anda dapat memastikan bahwa anchor text yang Anda gunakan di situs Anda sendiri bermanfaat, deskriptif, dan relevan.” (Sumber: Google)
Jika banyak situs berpikir bahwa halaman tertentu relevan untuk satu set istilah tertentu, halaman itu dapat mengatur peringkat dengan baik bahkan jika istilah itu tidak muncul dalam teks itu sendiri.
Jenis text anchor
Yang direkomendasikan text anchor adalah "pencocokan tepat" jika menyertakan kata kunci yang mencerminkan halaman yang ditautkan. Misalnya: 'Tutorial blog' yang menghubungkan ke halaman tentang Tutorial blog. Pertandingan sebagian Jangkar teks yang menyertakan variasi kata kunci pada halaman yang ditautkan ke. Misalnya: 'strategi SEO' yang menghubungkan ke halaman tentang strategi SEO tautan.
Bermerek
Nama merek atau kata frase yang digunakan sebagai anchor text. Sebagai contoh: 'Pena wisnu' menghubungkan ke artikel di Blog Pena wisnu. Tautan terbuka URL yang digunakan sebagai anchor ' penawisnu.blogspot.com ' adalah anchor tautan terbuka.
Umum
Kata atau frasa umum yang digunakan sebagai anchor. "Klik di sini" adalah contoh anchor yang umum.Gambar
Setiap kali gambar ditautkan, Google akan menggunakan teks yang terdapat dalam atribut alt gambar sebagai text anchor.Praktik SEO
Anchor text yang ramah SEO adalah:- Ringkas
- Kepadatan kata kunci rendah (tidak terlalu banyak kata kunci)
- Bukan generik
Text anchor singkat
Meskipun tidak ada batas panjang spesifik untuk text anchor, itu ide yang baik untuk menjaga teks tautan Anda sesingkat mungkin. Pada akhirnya, istilah yang Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam anchor text Anda harus mempertimbangkan dua faktor utama:
- Apa cara yang paling singkat, akurat untuk menggambarkan halaman yang ditautkan?
- Kata atau frasa apa yang akan mendorong pengguna mengklik tautan?
Relevansi halaman target
Ketika mesin pencari telah mengindeks, mereka mulai mengidentifikasi lebih banyak metrik untuk menentukan peringkat . Satu metrik yang menonjol di antara yang lain adalah relevansi tautan, atau seberapa terkait topik halaman A dengan halaman B jika satu tautan ke yang lain. Tautan yang sangat relevan dapat meningkatkan kemungkinan peringkat halaman A dan halaman B untuk pertanyaan yang terkait dengan topik mereka.
Relevansi tautan adalah fenomena alami yang terjadi ketika orang menautkan ke konten lain di web. Itu ditentukan oleh:
- Topik halaman sumber
- Konten anchor text pada halaman sumber itu
Mesin pencari memperhatikan variasi variasi text anchor yang digunakan untuk menautkan kembali ke artikel asli dan menggunakannya sebagai indikator tambahan tentang apa artikel itu dan untuk pertanyaan pencarian mana itu mungkin relevan. Ini, dalam kombinasi dengan pemrosesan bahasa alami dan faktor-faktor lain seperti sumber tautan dan hierarki informasi, merupakan bagian terbesar dari indikator relevansi tautan secara online. Untuk memastikan tautan Anda mengirimkan sinyal relevansi yang kuat, jaga anchor text Anda sebisa mungkin menggambarkan halaman target.
Kepadatan kata kunci text anchor
Dengan pembaruan algoritma Penguin , Google mulai melihat lebih dekat kata kunci dalam anchor text. Jika terlalu banyak tautan masuk situs berisi anchor text yang sama persis, itu dapat mulai tampak mencurigakan dan mungkin merupakan tanda bahwa tautan tidak diperoleh secara alami. Secara umum, ini masih merupakan praktik terbaik untuk mendapatkan dan menggunakan text anchor khusus kata kunci dan topik bila memungkinkan. Namun, SEO mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik dengan berjuang untuk berbagai frase anchor text yang lebih alami daripada kata kunci yang sama setiap kali.
Sejalan dengan itu, satu catatan penting: Jangan berlebihan dengan tautan internal kata kunci-berat. Tautan internal tentu saja merupakan praktik terbaik yang disarankan, tetapi berhati-hatilah dengan text anchor yang Anda gunakan untuk menghubungkan halaman Anda sendiri. Jika terlalu banyak tautan ke suatu halaman menggunakan text anchor yang sama, meskipun ada di situs Anda sendiri, Google mungkin merasakan perilaku spam.