Pengertian Tes Psikologi

Tes Psikologi

Apa itu Tes Psikologi?

PENAWISNU - Dilansir melalui pakar Psikolog dan Wikipedia, bahwa Tes Psikologi merupakan ujian/Tes untuk menguji sampel dari sifat dan perilaku seseorang. Seperti halnya Kondisi mental dan fungsi Kognitif.

Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik. Dengan sampel perilaku, berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respon ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma.

Pengertian Psikologi

Istilah Psikologi merupakan Salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilakufungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. 
Seseorang yang melakukan praktik klinis ilmu dalam Psikologi disebut sebagai Psikolog. Para Psikolog berusaha untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang melalui intervensi tertentu baik pada pada fungsi mental, perilaku individu maupun kelompok, yang didasari atas proses Fisiologis dan Neurobiologis.

Macam-macam Tes Psikologi

Berikut ini macam macam Tes Psikologi yang bisa kamu coba untuk mengetahui kondisi Psikologi diri sendiri atau orang lain.

12 Jenis Tes Psikologi :
1. Tes Sinonim
2. Tes Antonim
3. Tes Acak Kata
4. Tes Gambar Orang
5. Tes Gambar Pohon
6. Tes Wawasan Kebangsaan
7. Tes Kraepelin
8. Tes Pauli
9. Tes Deret Angka
10. Tes Deret Gambar
11. Tes Penalaran Gambar
12. Tes Kepribadian

Demikian artikel pengertian Tes Psikologi dan macam macam jenis Tes Psikologi. Semoga bisa menambah wawasan anda dalam memahami ilmu psikologi. Semoga bisa bermanfaat! Nantikan artikel info menarik lainnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan

Iklan Bawah Artikel