Tips mengisi daya baterai hp agar awet dan tahan lama

Tips mengisi daya baterai hp agar awet dan tahan lama

Pentingnya merawat dan menjaga hp supaya awet & tahan lama, salah satunya yaitu dengan menjaga kondisi baterai hp atau ponsel tetap bagus. Ada tips yg perlu anda lakukan jika ingin menjaga baterai hp tetap dalam kondisi bagus dan stabil, simak berikut ini!

Cara mengisi daya baterai ponsel agar tetap awet dan tahan lama

Mungkin anda perlu coba tips di bawah ini bagaimana cara merawat baterai hp supaya tetap dalam kondisi baik dan bagus. Lihat di bawah ini :

1. Menggunakan Charger Asli
Menggunakan Charger asli adalah hal terbaik mengisi daya ponsel. Charger asli atau bawaan sudah diatur sedemikian rupa supaya bisa mengisi daya ponsel dengan baik. Hal ini sering diabaikan orang orang, bahkan semisal dalam situasi darurat ketika sedang berkunjung ke suatu tempat namun lupa tidak membawa charger.

Hal yang paling aman yakni tetap menggunakan Charger Asli atau bawaan ponsel anda. Pasalnya tidak sedikit charger mempunyai kualitas buruk yang dapat merusak kondisi baterai dan berakibat fatal pada beberapa ponsel. Jika memungkinkan dalam kondisi darurat, sebaiknya anda perhatikan kualitas charger tersebut dengan mengecek Voltase dan juga Ampere di bagian kepala Charger tersebut.

2. Mengisi daya ponsel tidak lebih dari 100%
Banyak orang salah kaprah tentang mengisi penuh daya ponsel. Ada yang mengatakan jika tak mengisi daya penuh ponsel dan langsung dicabut, hal tersebut akan mengurangi kinerja baterai ponsel. Padahal yang sebenarnya mengisi daya atau mengecas idealnya adalah bukan terisi penuh 100% akan tetapi sekitar 80% saja.

Jadi bagi anda yang sering asal cabut dengan baterai terisi 80-90% saja tidak perlu khawatir baterai cepat rusak. Karena mengisi daya penuh di beberapa ponsel justru berpotensi mengurangi umur baterai ponsel.

3. Mengisi ulang baterai ponsel sebelum habis total
Cara mengisi daya ponsel yang baik adalah baterai hp atau daya ponsel belum benar benar habis sepenuhnya. Artinya ketika daya ponsel berkisar antara 30-40% itulah saatnya mengisi daya atau mengecas yang baik.

Jangan menunggu sampai daya ponsel 0% baru diisi ulang. Jika sering melakukan hal tersebut akan berakibat mengurangi umur baterai hp. Minimnya saat berkisar 20%, kalau sering mengisi daya saat baterai di bawah 15% justru kurang bagus untuk kondisi baterai.

4. Mematikan ponsel saat mengecas atau isi ulang
Salah satu cara yg baik saat mengecas atau isi ulang yaitu mematikan ponsel anda. Memanglah tidak ada salahnya mengisi daya ponsel dalam keadaan menyala, namun alangkah baiknya mengecas baterai disaat kondisi ponsel dimatikan.

5. Hindari terlalu sering menggunakan Power Bank
Sebetulnya tidak salah mengisi daya ponsel menggunakan Power bank, hanya saja jika sering menggunakan power bank akan mengurangi umur baterai, bahkan bisa membuat baterai hp drop dan rusak. Apalagi jika menggunakan power bank kualitas buruk atau power bank abal abal.

Nah, demikian tips bagaimana cara merawat baterai ponsel supaya kondisi tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan

Iklan Bawah Artikel